“James Young Simpson” Dokter eksentrik ahli obstetri, suatu hari Simpson menjadi tuan rumah pesta makan malam, Simpson mengisi botol brandi dengan “Kloroform” dan menyajikan kepada tamu-tamunya, di Skotlandia tak seorangpun menolak minuman yang ditawarkan, teman-teman Simpson dengan gembira meminumnya, efeknya sama dengan minumanan lainnya bahkan semua orang lebih gembira dan pusing.

Keesokan paginya, pelayan melihat Simpson dan temannya pingsan tak karuan, Simpson beruntung. Dosis lebih tinggi pasti sudah menewaskan Simpson dan teman-temannya, sementara dosis rendah bakal melemahkan dan bisa digunakan sebagai obat bius, jika mendapatkan proporsi yang tepat.

Lalu Simpson melakukan lebih banyak eksperimen dan dalam hitungan minggu obat bius itu sudah digunakan dalam operasi serta proses persalinan di seluruh Eropa.
Sebagian pemimpin “Agama” menentang penggunaan obat bius dengan argumen bahwa Tuhan sudah menakdirkan persalinan sebagai proses yang sulit, tapi ketika “Ratu Victoria” mengizinkan penggunaan “Kloroform” saat kelahiran putranya “Pangeran Leopold” masalah itu beres, James Simpson dapat sertifikat halal dan nama bersih serta termasyhur.

Begitulah kisah kretivitas ala Skotlandia, jika kalian mengambil makanan dari kulkas dan terasa dingin, berterima kasihlah pada bangsa Skotlandia, mengayuh sepeda, menyiram toilet atau bahkan merasakan jarum suntik, berterima kasihlah pada mereka bangsa Skotlandia, masih banyak sumbangan inovasi bangsa Skotlandia.
Bahkan J.K. Rowling menulis Harry Potter sewaktu dia berada di Edinburgh, Skotlandia (ini sedikit maksa sih hahaha ), tapi kita tak akan pernah lupa dengan nama-nama ini; “David Hume,” “Adam Smith,” “James Watt,” “James Hutton” mereka adalah Kegeniusan ala Skonlandia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *